Direction

Jadilah Kader Sejati Untuk IPM

SCM Music Player

Minggu, 27 Februari 2011

Tanpa Kuatnya IPM di Sekolah, Muhammadiyah Sulit Melakukan Revitalisasi Ideologi



Renungan
Mataram – “Saya ingin menyatakan bahwa Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah tidak akan berhasil tanpa dibarengi Revitalisasi IPM di Sekolah , IMM di Kampus, atau Pemuda dan NA di Amal usaha maupun Kampung”, demikian pernyataan Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Deni Wahyudi Kurniawan disela-sela makan siang, Sabtu (5/12/2009).

Menurut Deni, dalam periode Muktamar 2005-2010 ini, salah satu komitmen gerakan Muhammadiyah adalah melakukan revilatiasai gerakan, termasuk Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah. Program yang sangat dibutuhkan setelah umur Muhammadiyah memasuki satu abad ini menurut Deni hingga menjelang Muktamar di Yogytakarta, Juni tahun depan masih sangat kurang menyentuh permasalahan utama yaitu pada masalah eksistensi organisasi otonom, khususnya Angkatan Muda Muhammadiyah seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), maupun Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah .

Deni menambahkan bahwa hingga saat ini yang baru dilakukan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah hanya pada tahap melahirkan Sistem Perkaderan Muhammadiyah, menyelenggarakan darul Arqam untuk pimpinan Muhammadiyah, sedangkan gerakan yang menyentuh pada kebutuhan kaderisasi kader ideologis Muhammadiyah masih sangat kurang.
“Bisa dikatakan dukungan kepada IPM hanya melakukan perubahan dari IRM menjadi IPM saja” terang Deni. “Komitmen dari Pimpinan Pusat memang ada, namun komitmen majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) masih sangat kurang” lanjutnya. Menurutnya salah satu kebutuhan mendesak program Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah adalah dengan mendukung sepenuhnya penguatan keberadaan Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Sekolah Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Kampus-Kampus, maupun Pemuda Muhammadiyah dan Nasiatul Aisyiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah dan Kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QS. Al Qolam : 1-6

Created by

PIMPINAN RANTING IPM SMK MUHAMMADIYAH PARAKAN