Direction

Jadilah Kader Sejati Untuk IPM

SCM Music Player

Rabu, 22 Desember 2010

IPM dan Advokasi


Pertanyaan mendasar bagi IPM adalah “mengapa advokasi menjadi visi utama gerakannya?” Setidaknya ada tiga hal yang bisa menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut. Pertama, konsekuensi logis IPM sebagai gerakan yang diilhami oleh spirit agama (islam). IPM (seperti juga Muhammadiyah sebagai induk persyerikatan) memiliki cara pandang yang khas terhadap ajaran islam, yaitu visi Islam transformatif. Hal ini tercermin dari jargon “tauhid sosial”, sebagai sebuah konsep tauhid yang berusaha menghadap hadapkan konsep kepercayaan yang bersifat transenden dengan realitas sosial.

Kedua, demi survivalitas organisasi. Ditengah tumpukan berbagai masalah kehidupan, masyarakat selalu membutuhkan pihak yang akan memberikan mamfaat atau kontribusi positif terhadap upaya penyelesaian terhadap masalah masalahnya. Keberadaan organisasi sebagai kelompok masyarakat yang berusaha menghimpun dan mengayomi kepentingan konstituennya menjadi sangat penting. Tetapi, organisasi itu akan ditinggalkan ketika ia tidak mampu memberikan pengayoman terhadap kebutuhan rill konstituennya. Dalam konteks ini, hanya organisasi yang mengenali masalah serta memberikan jawaban atas masalah konstituennya yang akan tetap survive. Jika IPM gagal melakukan assasment atas kebutuhan rill pelajar, maka bukan hal yang mustahil jika IPM ditinggalkan.

Ketiga, hadirnya fenomena ketidakadilan yang menuntut IPM untuk menjadi bagian dari proses penyelesaiannya. IPM sebagai bagian penting dari Civil Society harus secara proaktif ambil bagian dalam permasalahan pelajar khususnya dan umumnya masalah kebangsaan. Tidak ada alasan bagi IPM untuk menjadi organisasi steril dan asosial. IPM tidak bisa lagi menjadi organisasi yang bergerak dari pelatihan kepelatihan. Sebab hal tersebut akan menjebak IPM pada aktivisme dan ferbalisme, walhasil IPM akan menjadi organisasi yang kehilangan relevansi terhadap perubahan dan penyelesaian masalah masalah sosial kemasyarakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QS. Al Qolam : 1-6

Created by

PIMPINAN RANTING IPM SMK MUHAMMADIYAH PARAKAN